FSM
Pengertian Finite State Machine ( FSM )
Finite state machine adalah suatu perangkat
atau model perangkat yang memiliki sejumlah state dan pada satu waktu dapat
berada dalam salah satu state tersebut. Dia dapat memproses input dan
menghasilkan transisi dari state satu ke state lain atau menghasilkan output
berupa aksi.
Finite State Machines (FSM) adalah sebuah
metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau
prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan),
Event (kejadian) dan Action (aksi). Pada satu saat dalam periode
waktu yang cukup signifikan, sistem akan berada pada salah satu state yang
aktif. Sistem dapat beralih atau bertransisi menuju state lain jika mendapatkan
masukan atau event tertentu, baik yang berasal dari perangkat luar atau komponen
dalam sistemnya itu sendiri (misal interupsi timer). Transisi keadaan ini
umumnya juga disertai oleh aksi yang dilakukan oleh sistem ketika menanggapi
masukan yang terjadi. Aksi yang dilakukan tersebut dapat berupa aksi yang
sederhana atau melibatkan rangkaian proses yang relative kompleks.
Berdasarkan sifatnya, metode FSM ini sangat cocok
digunakan sebagai basis perancangan perangkat lunak pengendalian yang bersifat
reaktif dan real time. Salah satu keuntungan nyata penggunaan FSM adalah
kemampuannya dalam mendekomposisi aplikasi yang relative besar dengan hanya
menggunakan sejumlah kecil item state. Selain untuk bidang kontrol, Penggunaan
metode ini pada kenyataannya juga umum digunakan sebagai basis untuk
perancangan protokol-protokol komunikasi, perancangan perangkat lunak game,
aplikasi WEB dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar